SETIAP DESA-DESA DAN KAMPUNG-KAMPUNG DI PAPUA WAJIB BERPOSYANDU

Oleh : Didimus Goo
Mahasiswa Universitas Brawijaya, Malang

 

Posyandu atau sering dipanjangkan menjadi Pos Pelayanan Terpadu yang mana merupakan sebuah wadah yang terletak di desa-desa untuk melayani dan memelihara kesehatan dasar sangat minim di Papua. Posyandu ini sudah tidak terdengar lagi di desa-desa yang seharusnya di bangun posyandu. Hal ini sangat disayangkan bagi pertumbuhan kesehatan didalam masyarakat desa yang notabenenya belum tahu dan pahami benar tentang hidup sehat, apa lagi tentang pertumbuhan dan perkembangan bayi hingga menjadi dewasa. Dengan tidak adanya posyandu di desa-desa terpencil yang jauh dari kota ini menyebabkan kehidupan masyarakat didesa-desa di bidang kesehatan kurang bagus bahkan tidak tahu apa yang seharusnya dilakukan untuk menjaga kesehatan sehingga menimbulkan banyak efek samping. Efek samping yang ditimbulkan seharusnya dapat diatasi dengan adanya pelayanan kesehatan dari tenaga Posyandu yang dibantu oleh petugas kesehatan. Namun, efek samping yang timbul karena kurang memperhatikan kesehatan dasar menjadi bertambah terus hari demi hari hingga akhirnya kehidupan di desa-desa tidak sehat bahkan banyak manusia yang sering meninggal dunia akibat tidak diperhatikannya kesehatan dasar.

Ada banyak efek samping yang timbul di desa-desa seluruh tanah Papua. Efek-efek samping tersebut antara lain kurang gizi atau Gizi Buruk, Diare atau Muntaber, banyak bayi yang sering terjangkit penyakit menular karena tidak adanya Imunisasi sehingga sistem kekebalan tubuh lemah dan lain-lain. Dari beberapa contoh efek samping ini dapat mengakibatkan hal fatal seperti manusia meninggal akibat kurang gizi. Selain itu, jika terjadi Diare, maka cairan penopang pertahanan tubuh didalam penderita penyakit diare akan berkurang bahkan hingga tak ada cairan dan meninggal. Dan masih banyak lagi efek samping yang selalu terjadi akibat tidak adanya posyandu didesa-desa pelosok tanah Papua sehingga kadangkalah akibat dari pada ini banyak manusia yang selalu meninggal dunia.

Disisi lain, jika semua desa-desa atau kampung- kampung yang ada di tanah papua ada posyandu, kemungkinan besar dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan memberikan Imunisasi oleh petugas kesehatan kepada bayi. Selain itu, dapat meningkatkan gizi dengan baik dengan memberikan pemahaman kepada masyarakat cara untuk mengonsumsi makanan sehat seperti empat sehat lima sempurna atau dengan memberikan obat vitamin.

Bukan hal ini saja, tetapi dengan adanya posyandu disetiap desa-desa yang ada ditanah Papua dapat dilakukan berbagai kegiatan yang bisa meningkatkan hidup sehat sehingga angka kematian bisa saja di atasi dan berkurang bahkan tak ada kematian lagi akibat kesehatan dasar.

Didalam menangani hal semacam ini, ada beberapa pihak yang berperan penting. Pihak-pihak yang berperan penting yaitu pihak Kesehatan,Pihak Pemerintah dan Pihak Masyarakat. Untuk pihak kesehatan seperti Kepala Dinas kesehatan Propinsi maupun Kabupaten-Kabupaten diwajibkan melaksanakan fungsi kerjanya dengan baik. Misalnya kepala Dinas kesehatan Propinsi memonitoring perkembangan kesehatan setiap kabupaten, lalu kepala Dinas kesehatan di tingkat Kabupaten membangun Posyandu disetiap desa dan atau kampung dan menempatkan kader-kader atau bidan-bidan kesemua posyandu yang ada di semua desa dan atau kampung yang ada.

Selanjutnya pihak Pemerintah Daerah tingkat kabupaten menyediakan sarana-prasarana yang layak, seperti Rumah Posyandu, Rumah huni bagi bidan-bidan dan lainnya. Untuk hal ini, dapat juga diambil alih oleh pihak Pemerintah Desa/kampung karena banyak juga dana bantuan desa yang di kelolah oleh kepala-kepala desa/kampung. Dan juga pihak kepala desa wajib mengumpulkan masyarakat pada hari-hari yang ditentukan oleh petugas kesehatan/bidan-bidan untuk melakukan pelayanan kesehatan. Kemudian, pihak masyarakat wajib mengikuti kegiatan pelayanan kesehatan yang diadakan oleh petugas. Masyarakat hendaknya sadar juga betapa pentingnya kesehatan sehingga apapun yang diberikan oleh petugas dapat diterima. Misalnya,Jika berupa materi untuk menjaga kebersihan disekitar tempat tinggal yang diberikan oleh petugas, maka masyarakat sadar dan wajib menjaga kebersihan lingkungan sekitar, dan lain-lain.

Maka dengan melihat uraian singkat ini, saya ingin menyampaikan kepada semua pihak yang berperan penting bahwa sesegera mungkin dibangun Posyandu dan yang sudah ada Posyandu dapat diaktifkan kembali di semua desa-desa dan kampung-kampung yang ada ditanah Papua. Hal ini saya tulis karena memang ada banyak kabupaten yang belum ada Posyandu di desa-desa/kampung-kampung sehingga ketika masyarakat atau bayi terjangkit penyakit sulit berobat sebab jarak berobat untuk pergi ke kota sangat jauh.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s